Browse By

Promosi Usaha Mikro Kecil Menengah, Pemkot Minta Singkronisasi Pusat

Pontianak –┬áPemerintah Kota Pontianak mengharapkan pemerintah pusat untuk bisa mensinkronkan berbagai kegiatan pameran dan pengembangan usaha dengan pemerintah daerah, agar program promosi usaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bisa lebih terarah.┬áDemikian diungkapkan Walikota Pontianak, Sutarmijdi, belum lama ini.

Ia mengungkapkan, dengan sinkronnya acara di setiap provinsi atau di daerah maka peserta akan lebih ramai. Selain itu jangka waktu dari satu kegiatan dengan agenda lainnya tidak terlalu berdekatan.

Dikesempatan itu ia juga mengemukakan soal teknis perizinan. Sebagaimana ketentuan Kementerian Koperasi dan UMKM bahwa perizinan dilakukan di setiap kecamatan untuk mendekatkan dengan masyarakat.

Dikaitkannya dengan Pontianak menurut Mijdi justru menambah lamban proses perizinan. Mengingat luas Kota Pontianak kecil sehingga jangkauan pelaku usaha dekat dan sudah izin sangat mudah dan cepat.

“Apalagi kita di BP2T saat ini sudah terbaik pelayananya di Indonesia, sehingga saya pastikan satu hari sudah selasai izin jika persyaratanya lengkap. Kalau daerah luas wajar perkecamatan, namun di Pontianak lebih baik seperti sekarang dan sudah terbukti juga bagaimana sistemnya,” katanya.

Mijdi juga menjelaskan saat ini sudah ada 4000 izin usaha UMKM yang masuk dan akan diproses dan sebagian lainya sudah keluar. Begitu besarnya izin yang masuk terangnya karena selain mudah dalam prosesnya juga digratiskan.

“Kita sangat mendukung pelaku usaha di Pontiank. Silahkan buat dan proses pasti cepat,” kata dia. (Wati Susilawati)