Browse By

Radio dalam Situasi Bencana dan Gawat Darurat I

Dalam rangka Hari Radio Sedunia, kami menurunkan beberapa artikel berisi infografik dari Unesco yang dapat menjadi pelajaran menarik dan sangat bermanfaat bagi para insan radio di seluruh dunia. Bujang Dare sebagai pendengar, juga perlu untuk membacanya.

 

Orang masa kini terutama di perkotaan memang terlihat akrab dengan media sosial sebagai sumber informasi. Namun jangan lupakan radio yang siap menyajikan informasi tersaring kebenarannya dibanding media sosial yang seringkali simpang siur. Berikut adalah data infografik dari UNESCO mengenai alasan mengapa peran radio yang begitu istimewa dalam situasi bencana dan gawat darurat.

 

Radio adalah medium yang paling mudah diakses di kalangan masyarakat yang kurang beruntung untuk mendapatkan informasi kunci.

Ada 6,8 miliar telepon seluler di seluruh dunia. Perangkat ponsel Bujang Dare dapat menjadi radio dengan aplikasi yang tepat (bahkan hanya sebagian yang sangat kecil saja produsen ponsel yang tidak memasukkan fungsi radio FM di dalam perangkatnya).

Terdapat 51.000 stasiun radio di seluruh dunia.

Sebanyak 46% penduduk Inggris Raya mendengarkan radio melalui perangkat digital di rumah, dibandingkan dengan 45,6% yang menggunakan radio analog; yang menunjukkan bagaiman kemajuan teknologi mengubah cara kita mendengarkan radio.

Sebanyak 75% rumah tangga di negara berkembang memiliki akses ke radio.

 

WRDinfographicSECTION2-for-web_0