Browse By

Rainforest World Music Festival ke 20 di Culture Club

Sebagai pembuka Rainforest World Music Festival ke 20 tahun 2017 ini diisi dengan dua tampilan dari Romengo dari Hungaria dan O TAHITI E dari Tahiti yang menampilkan musik dan tarian tradisionalnya. Sebagai salah satu orang yang diundang di acara Rainforest World Music Festival 2017.

Romengo memainkan musik Olah-Gypsy yang sangat menghargai musik tradisional dan selalu konsisten dengan musik yang dimainkan walaupun jaman sudah berganti. Beberapa Album musik mereka masuk ke dalam 10 rekaman terbaik dalam chart musik dunia di Eropa di tahun 2011 dan 2014. Vokalis Romengo, Monika Lakatos mendapat Anna Lindh Award di tahun 2007, the Parallel Cultures award di tahun 2013 dan the Ethnic Minority award di tahun 2014.

Kelompok O Tahiti E dibentuk tahun 1986 yang merupakan kelompok tari Perancis Polinesia dan duta musik terbaik yang mempresentasikan Tahiti di seluruh dunia. Di bawah bimbingan dari mendiri dan sang koreografer Marguerite Lai, mereka memenangkan Heiva I Tahiti (salah satu kompetisi tari terbaik dalam kebudayaan Polinesia) beberapa kali. Tarian mereka sungguh luar biasa namun kostum mereka juga menjadi daya tarik yang luar biasa.

Penampilan di Culture Club di pusat kota Kuching kali ini membuka acara Rainforest Media Festival 2017. Permainan musik Hungaria dengan berbagai alat musik seperti ukulele, gendang tradisional, hingga kaleng susu tempat menyimpan hasil perahan susu. Tarian yang unik dengan atraksi penari yang aktif mengajak penonton menari membuat penampilan ini membuat penonton berteriak riuh rendah. Musik tradisional dengan pengaruh kehidupan koboi dan peternakan.

Lain lagi dengan penampilan O Tahiti E yang mengingatkan saya pada film buatan Disney, Moana. Tarian yang sangat luar biasa menunjukkan bagaimana wanita mampu menari dengan gerakan pinggul yang super cepat. Tarian berkelompok dengan busana super heboh dan aksesoris yang penuh warna warni. Sungguh menarik mata. Otaiti sendiri merupakan peta pertama yang ditulis oleh pelaut.

Penampilan pertama di Culture Club ini sudah membuat keramaian pengunjung yang luar biasa. Banyak orang yang ikut menari sambil bertepuktangan. Beberapa kali vokalis mengajak pengunjung menyanyi dengan bahasa bahasa sederhana dan diikuti dengan semangat yang luar biasa. Saya yakin pertunjukan utama di panggung Rainforest akan luar biasa. (don)

IMG_4635

IMG_4679

IMG_4683

IMG_4726

IMG_4649

IMG_4639