Browse By

RAT Bukti Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Koperasi

Warta Volare Edisi 3 Maret 2014

Pontianak – Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Bina Sejahtera menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2014, Selasa (3/3) di Aula Rohanna Muthalib Kantor Bappeda Kota Pontianak.

RAT ini digelar sebagaimana diatur dalam Undang-undang (UU) Nomor 25 tahun 1992 tentang perkoperasian pasal 26 ayat 1 yang menyebutkan rapat anggota dilakukan paling sedikit sekali dalam setahun.

“RAT adalah bukti nyata adanya akuntabilitas dan transparansi pengelolaan usaha dan organisasi koperasi kepada para anggotanya selaku pemilik sekaligus pengguna jasa usaha koperasi,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pontianak, Mochamad Akip saat membuka RAT KPN Bina Sejahtera.

Ia menilai, RAT pada setiap koperasi merupakan kewajiban untuk dilaksanakan pengurus koperasi dengan batas waktu yang telah ditentukan tersebut. Dalam RAT, bagi pengurus koperasi adalah sebagai penyampaian akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas pengelolaan organisasi dan usaha koperasi kepada para anggotanya. Sedangkan bagi para pengawas sebagai penyampaian akuntabilitas atas hasil pengawasannya kepada para anggota.

“Bagi para anggota koperasi, momen RAT adalah momen penilaian dan evaluasi terhadap kinerja para pengurus dan para pengawas koperasi selama satu tahun buku 2014,” jelas Akip.

Dalam rangka penilaian dan evaluasi kepada para pengurus dan pengawas koperasi oleh anggota, harus didasari adanya unsur obyektifitas, bukan unsur subyektifitas yang tidak berdasar.

Oleh karenanya, ada beberapa indikator sebagai ukuran obyektifitas penilaian para anggota koperasi. Adapun obyektifitas penilaian tersebut meliputi variabel tren dan fluktuasi omzet atau volume usaha dari koperasi, fluktuasi aset, fluktuasi Sisa Hasil Usaha (SHU) dan cepat lambatnya atau tepat tidaknya RAT dilaksanakan pada koperasi yang menggambarkan kesiapan dan tertibnya administrasi organisasi dan usaha dari koperasi.

“Dan yang terpenting adalah terpenuhinya ekspektasi anggota akan peningkatan pelayanan dan kesejahteraan kepada para anggotanya,” pungkasnya. (sis)