Browse By

Review Film Amityville: The Awakening

Fenomena rumah kuno berhantu masih menjadi daya tarik utama bagi para produser film-film horror. Salah satu yang paling legendaris adalah haunted house yang terletak di Amityville, New York, Amerika Serikat. Sejak kisah nyatanya dibukukan pertama kali oleh Jay Anson pada tahun 1977, The Amityville Horror langsung menjadi fenomena global dan sukses menebar kengerian di seluruh dunia

Sebuah film adaptasinya yang dirilis pada tahun 1979 juga mampu merajai box office dan tercatat sebagai salah satu film indie dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa. Hingga saat ini, total sudah ada 18 film, baik yang dirilis di bioskop maupun yang berbentuk direct-to-video, yang diadaptasi dari kisah nyata rumah berhantu di Amityville tersebut. Yang terbaru, alias yang ke-19, berjudul Amityville: The Awakening, Kisahnya sendiri mengetengahkan sebuah keluarga yang pindah ke sebuah rumah di pemukiman Long Island. Tanpa diketahui, rumah tersebut ternyata berhantu dengan sejarah yang mengerikan.

Jennifer Jason Leigh bermain sebagai ibu tunggal yang tinggal bersama anaknya. Salah satu anak laki-lakinya yang diperankan Cameron Monaghan, tergeletak di tempat tidur dan sedang mengalami koma. Bella Thorne turut tampil sebagai putri tertua yang berusaha mengungkap misteri di sekeliling rumah baru mereka. Trailer film juga turut memperlihatkan sang anak laki-laki terbangun secara mengejutkan.

Yang menjadi tokoh utama adalah seorang cewek bernama Belle (Bella Thorne). Dia dan dua adiknya, Juliet (McKenna Grace) dan James (Cameron Monaghan), baru saja pindah ke rumah baru bersama sang ibu, Joan (Jennifer Jason Leigh), seorang single mother. Mereka melakukan hal itu untuk menghemat uang guna membiayai perawatan James yang sedang sakit.

Tidak lama setelah mereka tinggal di sana, beberapa keanehan mulai terjadi. Yang paling ajaib adalah pemulihan kesehatan James yang sangat cepat. Belle pun menjadi curiga dan mulai berpikir bahwa ibunya menyimpan rahasia mengenai rumah kuno tersebut. Kekhawatiran Belle ternyata memang benar. Rumah baru yang mereka huni ternyata adalah rumah Amityville yang menghebohkan itu. Tempat pembunuhan massal satu keluarga terjadi beberapa puluh tahun yang lalu. Mampukah mereka selamat dari kuasa jahat yang menjadi penunggu rumah tersebut?