Review Film Hacksaw Ridge by @dodon_jerry

Saya jarang sekali menonton film perang, apalagi berdasarkan dari kisah nyata. Tapi berbeda dengan film Hacksaw Ridge yang menampilkan cerita lain dari seorang tentara. Tentara yang sangat beriman dan memilih tidak berperang dengan mengangkat senjata namun memilih menjadi tentara kesehatan. Sungguh menarik untuk diikuti! Apakah lebih banyak drama atau lebih banyak action? Nama besar seperti Mel Gibson dibelakang layar dan Andrew garfiel sang mantan Spiderman. Yuk nonton biar tidak penasaran.

Hacksaw Ridge mengangkat cerita klasik tentang seorang pahlawan perang di Amerika. Filmnya pun mengambil ide cerita yang tak biasa, yaitu seputar perjalanan hidup seorang tentara yang menolak untuk mengangkat senjata. Nah loh, apa jadinya coba jika seorang tentara nggak mau pegang senjata. Lalu bagaimana ya cara dia melawan musuhnya?

It’s not a common, but absolutely it’s a fact! Film Hacksaw Ridge diadaptasi dari kisah nyata seorang tentara Amerika bernama Desmond Doss di masa Perang Dunia II. Berbeda dengan tentara militer pada umumnya, sejak basic militer di kamp-nya, Desmond (Andrew Garfield) dengan tegas menolak mengangkat senjata. Tak hanya itu, Desmond juga menolak untuk bekerja di hari Sabtu karena menurut keyakinannya, hari Sabtu adalah hari yang sakral untuk beribadah. Keyakinan itulah yang membuat Desmond dikucilkan dan di-bully rekan-rekan satu kamp-nya. Ia juga dianggap sebagai pembangkang hingga terancam hukuman penjara.

Andrew Garfield memberikan salah satu penampilan terbaiknya sebagai seorang pahlawan perang yang tidak biasa. Desmond Doss tidak punya perawakan yang tangguh sebagai seorang prajurit, Ia ceking dan diremehkan apalagi ketika punya niat gila untuk nekat terjun ke neraka perang tanpa membawa senjata dan tanpa niat membunuh. Garfield memberikan jiwa buat karakter Desmond, ia tidak pernah kehilangan grip dalam mengawal emosi Desmond dan bagaimana filosofi hidupnya yang kemudian secara ajaib mampu membawanya jauh dari perkiraan orang sebelumnya. Sementara karakter pendukung lainnya meski tidak mendapatkan porsi yang cukup, tetapi senang rasanya melihat seorang Vince Vaughn dan Sam Worthington mampu memberikan kesan tersendiri untuk mendukung tokoh utamanya dengan penuh simpati. Hugo Weaving yang berperan sebagai Tom Doss pun sama mengkilapnya ketika mewakili tokoh ayah bermasalah akibat perang masa lalu.Sebagai seorang sutradara, Mel Gibson terbukti sukses menyajikan adegan drama dan perang yang memilukan hati. Menelan biaya produksi sebesar Rp 523 miliar, Gibson mampu memvisualisasikan dengan baik betapa kejamnya pertumpahan darah di masa Perang Dunia II. Adegan-adegannya pun terasa sangat real yang terlihat dalam scene-scene fighting, baku tembak, dan ledakan bom menggelegar yang mampu membawa suasana mencekam.

Selain Andrew Garfield, film Hacksaw Ridge juga dibintangi oleh nama-nama yang menjanjikan seperti Teresa Palmer, Sam Worthington, Hugo Weaving, dan Vince Vaughn yang ditarik untuk melepaskan image di film-film drama komedinya.

Film ini memiliki tingkat grafis yang sangat nyata sekali bagi kamu yang memiliki kesenangan seperti saya yaitu film-film yang memiliki animasi dan visualisasi yang menarik pasti akan menyukai film ini.

Namun jika kamu menyukai dengan dialog maka saya pikir ini tidak buruk untuk dinikmati. Baru ke tika setengah jam kemudian aksi peperangan dimulai. Sejak saat itu sampai hampir film berakhir sound system dari bioskop tidak pernah berhenti berdengung karena suara bom suara tembak menyahut dan seakan tidak ada anti. Jadi saya pikir ini seperti sesuatu yang berbeda. Jika sebelumnya penuh dengan dialog lalu kemudian masuk dalam peperangan yang tiada henti dan harus memaksa saya menahan nafas sampai akhir.

Beberapa scene akan lebih menarik juga disaksikan pada bioskop tiga dimensi, karena beberapa partikel seolah mengarah ke penonton. Meskipun saya melihat dalam keadaan dua dimensi tapi itu cukup terasa dan akan ketika dilihat pada tiga dimensi.