Ride out the Map

•#howtosayit : Out of Hand
Bujang Dare, kita akan membahas cara pengucapan dan penggunaan sebuah idiom yang sering native speaker Bahasa Inggris gunakan sehari-hari. Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya.

Hari ini idiom yang kita bahas adalah ‘OUT OF HAND’. Cara pengucapannya ‘OUT OF HAND’ . Kata ‘OUT’ ejaannya O-U-T yang artinya “keluar atau diluar”. Kata ‘OF’ ejaannya O-F artinya “dari atau pada”. Kata ‘HAND’ ejaannya H-A-N-D yang artinya “tangan”. Ketika digabungkan menjadi sebuah idiom, maka idiom ‘OUT OF HAND’ artinya adalah “tak terkendalikan atau bisa juga berarti serta merta, tanpa melihat dulu akan kemungkinan kebenarannya; atau tanpa mempertimbangkannya terlebih dahulu.”

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak contoh penggunaannya:
1.    The demonstration got out of hand and the crowds went on a rampage, windows were smashed, broken bottles were everywhere and cars were vandalized until the police came and arrested some of the rioters.
    
(Demonstrasi itu menjadi tidak terkendalikan dan massa mengobrak-abrik segalanya, jendela dipecahkan, pecahan botol di mana-mana dan mobil dirusak hingga polisi datang dan menangkap  beberapa  pelaku huru hara itu)

2.    The dean of the law faculty rejected out of hand the suggestion that he should step down.
        (Dekan fakultas hukum itu serta merta menolak usul agar ia meletakkan jabatannya)

3.    Our use of credit cards was out of hand for a while, but then we just stopped using them and paid cash.
       (Penggunaan Kartu Kredit kami tidak bisa dikendalikan untuk sementara waktu, tapi kemudian kami berhenti menggunakannya dan mulai membayar secara tunai)

4.    Moving to London is certainly a possibility. I wouldn’t dismiss it out of hand.
        (Pindah ke London tentu saja memungkinkan. Aku tidak akan melewatkannya secara serta merta)

•#idiom : Ride Out
Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya. Lebih banyak kita menguasai idiom, maka semakin baiklah kemampuan bahasa inggris yang kita miliki.

Idiom yang akan kita bahas hari ini adalah ‘RIDE OUT’. Cara pengucapannya ‘RIDE OUT’. Kata ‘RIDE’ yang ejaannya R-I-D-E artinya adalah “mengendarai”. Kata ‘OUT’ yang ejaannya O-U-T artinya adalah “keluar atau diluar”. Ketika menjadi sebuah idiom, Idiom ‘RIDE OUT’ berarti “berjuang dalam keadaan sulit atau bertahan dalam keadaan sulit atau mengendarai sesuatu dalam perjalanan.”

Contoh penggunaanya:
1.    It was a nasty situation, but the mayor tried to ride it out. The mayor decided to ride out the scandal.
       (Ini merupakan situasi yang buruk, tapi walikota mencoba bertahan. Sang Walikota memutuskan untuk berjuang melawan skandal)

2.    All the racers rode out of the starting area and began the bicycle marathon.
       (Semua pembalap berjalan dari area awal lintasan dan memulai balapan sepeda)

3.    The cowboy rode out of town on a large black horse.
       (Seorang Koboi berkendara di dalam Kota dengan Kuda hitam yang besar)

4.    Only two companies managed to ride out the depression”all the rest went bankrupt.
       (Hanya dua perusahaan yang bertahan dengan masalah , yang lain, sisanya sudah bangkrut)

•#bilingual : One Direction Membayar Tunai di Filipina
Bilingual adalah berita dua bahasa yang akan membantu Bujang Dare untuk mempelajari dan lebih memahami Bahasa Inggris. Serta menambah wawasan dunia tentang berbagai informasi dan berita masa kini. Untuk hari ini sebuah topik telah dipilih khusus untuk Bujang Dare.

One Direction to pay cash in the Philippines

The authorities in the Philippines have ordered two members of the pop group, One Direction, to pay cash bonds before they’re allowed to perform in Manila this weekend.

A video which emerged last year apparently showed Zayn Malik and Louis Tomlinson smoking illegal drugs, while they were touring in Peru.

A spokeswoman for the Philippines Bureau of Immigration said the US$5.000 payments could be forfeited if the singers committed any violation during their stay.

One Direction membayar tunai di Filipina

Pihak berwenang di Filipina memerintahkan dua anggota One Direction untuk membayar jaminan secara tunai sebelum diizinkan untuk tampil di Manila akhir pekan ini.

Sebuah video muncul tahun lalu yang tampaknya memperlihatkan Zayn Malik dan Louis Tomlinson menghisap narkotika terlarang ketika mereka melakukan lawatan di Peru.

Seorang juru bicara Biro Imigrasi Filipina mengatakan pembayaran US$5.000 akan hangus jika para penyanyi itu melakukan pelanggaran selama mereka berada di sana.

•#FunSizeFact : British Culture
Bujang Dare, di Fun Size Fact kita akan berbagi info tentang fakta yang ada dalam penggunaan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Fun Size Fact akan membantu Bujang Dare untuk memahami penggunaan kata-kata, budaya, dan cara berkomunikasi yang lebih baik dalam berbahasa Inggris.

Untuk hari ini, Fun Size Fact akan membahas Budaya Inggris Britania Raya

1St Fact    : Currency
Meskipun UK termasuk dalam kesatuan Negara Eropa, tapi Negara ini memilih jalannya sendiri perihal mata uang. UK tidak menggunakan mata uang Euro dalam bertransaksi melainkan Pound Sterling. 1 Pound terdiri dari 100 pences. Kata pence biasanya disingkat ‘p’ dalam penulisannya. Jadi ada 1p, 2p, 3p dan seterusnya. Mata uang yang berlaku bisanya ditandai dengan nama “Bank of England” yang berlaku diseluruh wilayah UK. Tapi ada juga yang bertuliskan “Bank in Scotland”. Meskipun tetap berlaku, tapi terkadang mata uang dengan lambang tersebut sulit diterima dalam transaksi jual beli, karena masih kurang familiar di kalangan masyarakat. Jika punya masalah tersebut, Bank apa saja di UK dapat menukarkannya tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan.

2nd Fact    : Leisure Activities
Ketika liburan atau sedang menikmati akhir pekan, masyarakat di Britania Raya senang malkukan hal-hal untuk menghibur diri mereka. Saat ini, karena sedang gencarnya kampanye hidup sehat, maka mereka lebih senang melakukan aktifitas liburan yang cendrung mengarah kepada aktifitas fisik (olahraga). Biasanya saat weekend masyarakat di Britania Raya menghabiskan waktu bersama keluarga dan pergi berbelanja. Hari minggu dijadikan sebagai waktu beristirahat dan beribadah sehingga banyak toko yang tutup.

3rd Fact    : Do and Don’ts
1.    Biasakan budaya mengantri dan menunggu giliran dengan sabar. Dilarang keras untuk mengambil antri orang lain dan pastikan kita berada di urutan yang tepat.
2.    Saat berada di dalam ruangan , laki-laki harus melepas topi terutama ketika di dalam gereja. Sangat tidak sopan bagi pria untuk memekai topi di dalam ruangan, apalagi di depan orang yang lebih tua.
3.    Ketika seseorang menghalangi jalan kita ketika kita ingin lewat, katakanlah “Excuse me” dengan sopan.
4.    Jangan menanyakan perihal umur pada seorang wanita.

•#riddle
Bujang Dare, sekarang saatnya kita melatih kemampuan kosa kata dan Pengetahuan kita dalam berbahasa Inggris dengan Riddle. Riddle dalam bahasa Indonesia berarti teka-teki. Riddle bisa juga dikatakan sebagai bentuk puisi sederhana yang menggambarkan tentang sesuatu namun tidak secara langsung menyebutkan namanya dan membuat orang menjadi tertarik untuk menebaknya.
Riddle atau teka-teki untuk hari ini adalah:

I have streets but no pavement.
I have cities but no buildings.
I have forests yet no trees.
I have rivers yet no water.
What am I?

In Indonesia : Aku memiliki jalan, tapi tidak ada trotoar. Aku memiliki banyak kota, tapi tidak ada bangunan-bangunannya. Aku memiliki banyak hutan, tapi tidak ada pohon-pohon. Aku memiliki sungai, tapi tidak ada airnya. Apakah aku?

Answer : A Map (Peta)