Browse By

Ron Carter

Terlibat dalam kredit rekaman dengan jumlah fantastis, 2.221 rekaman dihitung pada 15 September 2015, musisi legendaris Amerika, Ronald Levin Carter alias Ron Carter mendapatkan rekor dunia dari Guinness World Record sebagai “Most Recorded Jazz Bassist” dalam sejarah.

Ron terlibat rekaman bersama musisi hebat dunia seperti Tommy Flanagan, Gil Evans, Lena Horne, Bill Evans, B.B. King, the Kronos Quartet, Dexter Gordon, Wes Montgomery dan Bobby Timmons.

Ron Carter lahir di Ferndale, Michigan pada 1937. Ia memulai karir musiknya di usia 10 tahun, cello adalah instrumen pertama yang ia mainkan, meski kemudian ia mengarahkan bakat permainannya dengan double bass berkenaan dengan stereotipe ras terhadap musisi klasik. Ia bahkan memperoleh gelar master di “bass performance” dari Manhattan School of Music, New York.

Nama Ron Carter menjadi perhatian setelah ia tampil sebagai anggota band dari Miles Davis Quintet di awal 1960an, ia bermain bersama Herbie Hancock (piano), Tony Williams (drums) dan Wayne Shorter (saksofon). Ron menjadi anggota band Davis sampai 1968.

Pengakuan dan penghargaan yang mengesankan untuk Ron juga termasuk saat ia mengisi soundtrack untuk beberapa film, seperti Midnight Cowboy (1969) dan serial TV populer seperti Twin Peaks (1990).

Tidak melulu musik jazz, Ron juga pernah menginjakkan kakinya di dunia hip-hop, setelah tampil di album paling berpengaruh dari A Tribe Called Quest, The Low End Theory (1991) pada lagu “Verses from the Abstract”.

Pada 1993, ia mendapat penghargaan Grammy sebagai “Best Jazz Instrumental Group” bersama Miles Davis Tribute Band dan Grammy di 1998 untuk komposisi instrumental “Call Sheet Blues” dalam film “Round Midnight”.

Di tahun 2015, ia mendapat penghargaan “Lifetime Achievement in Music” dari Global Music Award. Oleh Detroit News, ia disebut sebagai “Outstanding Bassist of the Decade”, oleh majalah Downbeat sebagai “Jazz Bassist of the Year” dan oleh National Academy of Recording Arts and Sciences sebagai “Most Valuable Player”.

Ron sampai sekarang tetap mengajar dan tampil di kelas master, mengajarkan ensembel jazz dan bisnis musik di beberapa universitas.

Ia pernah aktif sebagai Artistic Director di Thelonious Monk Institute of Jazz Studies, setelah 18 tahun mengajar di Fakultas “Music Department” di The City College, New York. Sekarang ia adalah Professor Emeritus, tahun 2016 ini ia mendekati usia 80 tahun, tapi Ron tetap melanjutkan untuk tampil, menghibur dan menginspirasi dunia.

Sumber :
http://www.guinnessworldrecords.com/news/2016/1/ron-carter-earns-world-record-as-the-most-recorded-jazz-bassist-in-history-411828
http://roncarter.net/JazzMaster/about-jazz-bass-master-ron-carter/

(Febi)