#Rumpi 5 Serial Silat Populer

PENDEKAR-HARUM

Di dekade 80an dan 90an, kisah silat Tiongkok sepertinya memiliki penggemar yang sangat banyak di Indonesia. Mulai dari novel terjemahan, serial silat yang berupa rentalan kaset VHS dan Betamax, ataupun yang tayang di TV, semuanya memiliki pasar yang cukup luas.

Pendekar Harum
Di tahun 90an, Chu Liu Xiang atau yang dikenal dengan julukan Pendekar Harum telah mampu merebut hati penonton televisi saat itu. Sifatnya yang gagah, senyumnya yang charming, serta gerak geriknya yang anggun, membuat pendekar yang juga dijuluki Maling Budiman ini selalu ditunggu kehadirannya di layar kaca. Kisah cintanya yang menarik dengan Nona Sangguan Wu Ji (diperankan Cynthia Khan) juga menjadi titik sentral cerita, selain petualangannya yang seru bersama sahabat-sahabatnya. Chu Liu Xiang adalah tokoh ciptaan penulis asal Taiwan bernama Gu Long/Khu Lung. Tokoh ini juga sangat terkenal di Taiwan, Hongkong, dan Cina daratan. Banyak aktor yang pernah memainkan peran sebagai Chu Liu Xiang, antara lain Adam Cheng, Ti Lung, Ken Zhu (F4), dan Michael Miu. Tetapi Adam Cheng lah yang dianggap paling pas dan paling keren. Ia bahkan menyanyikan sendiri sound tracknya.

Kisah Pemanah Rajawali
Serial ini adalah bagian pertama dari trilogi Rajawali karya Chin Yung, penulis asal Hongkong. Dulunya merupakan serial bersambung di sebuah koran, sempat difilmkan beberapa kali sebelum akhirnya menjadi serial TV yang populer. Meskipun tidak terlalu populer di TV Indonesia, serial ini sangat populer dalam bentuk rental kaset VHS dan Betamax. Bercerita tentang Kwee Ceng (diperankan oleh Felix Wong), seorang pemuda lugu dan sedikit bodoh namun memiliki tekad kuat dan hati yang jujur. Di tengah petualangannya ia bertemu dengan wanita cantik nan cerdas bernama Oey Yong (Barbara Yung) yang kemudian menjadi istrinya. Pasangan aktor dan aktris ini menjadi sangat terkenal dan mereka kemudian dipakai untuk berperan di berbagai macam film. Sayang Barbara Yung kemudian meninggal bunuh diri.

Kembalinya Pendekar Pemanah Rajawali
Andy Lau menjadi sangat terkenal di Indonesia ketika tokoh Yoko yang ia mainkan di serial ini menjadi idola banyak kalangan. Selain Andy Lau, Idy Chan yang berperan seperti Bibi Lung juga mencuri perhatian karena kecantikannya yang lembut. Soundtracknya saat itu pun menjadi hits saat dinyanyikan oleh Yuni Shara. Serial ini diangkat dari sebuah novel yang berjudul Sin Tiau Hiap Lu karya Chin Yung. Novel ini merupakan bagian kedua dari trilogi Rajawali yang sangat terkenal. Di novel ini, Chin Yung mengulas kisah percintaan yang mendapat pertentangan dari banyak pihak. Hal ini sempat menjadi bahan pembicaraan yang cukup kontroversial saat novel ini dirilis.

Kisah Membunuh Naga
Aslinya cerita ini berjudul ‘Heaven Sword and Dragon Sabre’. Novel ini adalah karya Chin Yung yang merupakan bagian terakhir dari trilogy Rajawali. Berkisah tentang petualangan Thio Bu Kie, seorang murid perguruan Bu Tong pay yang menderita karena sakit dan hidupnya terlunta-lunta. Karena nasib baik dan keluhuran budi pekertinya, ia terpilih menjadi ketua sebuah partai persilatan terkemuka, dan malah menjadi ketua dunia persilatan. Serial yang tayang di Indonesia cukup populer di jamannya, dan membuat nama Tony Leung sebagai pemeran Thio Bu Kie menjadi cukup tenar di sini. Soundtracknya yang dinyanyikan Merry Andani pun cukup menarik perhatian pemirsa. Apalagi ditambah dengan pemeran wanitanya yang cantik-cantik.

Pendekar Ulat Sutra
Tokoh Wan Fei Yan yang pada awalnya hidup menderita dan menjadi hinaan, telah merebut hati pemirsa layar kaca di tahun 80an. Seperti juga tokoh-tokoh pendekar yang lain, ia akhirnya mampu mempelajari ilmu silat tinggi yang mampu membuatnya seperti lahir kembali dengan wajah yang berbeda dan ilmu yang bertambah sakti. Berbeda dengan serial yang lain yang diangkat dari novel, kisah yang judul aslinya adalah ‘Reincarnated’ ini script awalnya memang dibuat untuk televisi. Setelah serial ini populer, sang penulis yang bernama Wong Ying kemudian menuangkannya menjadi bentuk buku.

Sumber :
http://www.kaskus.co.id/thread/55516e27c0cb174c638b4568/nostalgia-5-serial-silat-tiongkok-yang-melegenda-di-indonesia/
https://www.brilio.net/news/6-serial-silat-mandarin-ini-pasti-pernah-mewarnai-masa-kecilmu-150625v.html

(febi)