#Rumpi Game Watch/Gimbot

gimbot
Istilah gembot atau gimbot sendiri merupakan penyederhanaan dari Game Watch atau perangkat game portable yang diproduksi oleh perusahaan luar negeri. Dikarenakan di tahun 90 an, perangkat game watch masih tergolong mahal, seperti halnya Game Boy, NDS, PlayStation Portable atau PlayStation Vista sekarang ini, maka tidak semua anak dapat bermain menggunakan alat permainan itu.

Seri konsol permainan genggam yang di produksi oleh Nintendo dari tahun 1980 sampai dengan tahun 1991. Dirancang oleh Gunpei Yokoi, satu unit Game & Watch memainkan permainan pada sebuah layar LCD dan dilengkapi dengan sebuah jam dan alarm. Layarnya seperti pada kalkulator, ditampilkan per gambar atau potongan-potongan karakter dari game menjadi sebuah gerakan. Meskipun kuno dan jadul, tapi Gimbot ini adalah permainan yang paling mengasyikkan saat itu.

Salah satu hiburan anak SD tahun 90an adalah bermain Gimbot. Karena harga masih relatif mahal saat itu, maka bermunculan rental Gimbot di tempat-tempat yang banyak anak-anak bermain. Sewa Gimbot ini dihitung per Game Over, tidak per menit atau per jam. Dengan tarif sekitar 50 sampe 100 rupiah, anak-anak SD tahun 90an udah bisa memainkan Gimbot yang diikatkan tali. Tali ini digunakan buat mencegah kalau gimbotnya dibawa kabur si anak atau mempermudah pemilik rental Gimbot kalau waktu bermain si anak udah abis.

Kung Fu
Gameplay sederhana merupakan daya tarik dari judul-judul game ini. Hanya menampilkan dua pilihan serangan yaitu Punch dan Kick, kamu akan berhadapan dengan sejumlah lawan yang berdatangan. Tak hanya itu, di game ini juga bisa bergerak ke atas, bawah, kiri, dan kanan untuk menghadapi lawan. Kemampuan bermain game akan dihitung berdasarkan jumlah musuh yang berhasil dikalahkan di dalam game.

Western Bar
Masih ingat dengan judul game watch yang satu ini? Di masanya, ini merupakan andalan penjaja keliling yang mangkal di depan gerbang sekolah. Game Western Bar akan membawa kita ke dalam dunia koboi yang harus menembaki berbagai benda, mulai dari gelas hingga yang dilempar bartender. Kita akan berhadapan dengan “bos” saat poin mencapai angkat tertentu.

Heli Battle
Sama seperti Western Bar, Heli Battle merupakan gim buatan Casio yang lahir dan sukses pada 1987. Di sini pemain harus menghadapi helikopter lawan agar tidak menjatuhi bom ke markas. Tak hanya itu, beberapa level di game ini mewajibkan pemain untuk tidak hanya menembak helikopter lawan, tetapi juga markas lawan.

SL BankMan
Selain Western Bar, SL BankMan adalah judul game watch lain yang sangat khas dan banyak membuat pemainnya penasaran. Dirilis pada 1986, SL BankMan memberikan pemain kesempatan untuk mengoperasikan kereta, sekaligus mengumpulkan uang yang bermunculan di setiap stasiun. Untuk memberikan gameplay yang menantang, pemain akan dihadapkan pada berbagai rintangan seperti kereta yang datang dari arah berlawanan hingga harus menghindari mobil.

Mystery Mansion
Epoch pertama kali memperkenalkan game ini pada 1984. Berkisah tentang seorang putri cantik yang ditangkap dan disihir menjadi kodok oleh penyihir jahat. Tugas pemain adalah untuk membebaskan sang putri dengan mengumpulkan 4 buah kunci sekaligus menghindari berbagai tantangan seperti jin, tengkorak, laba-laba raksasa, dan sapu ajaib.

Sumber:
http://www.nahap.com/2012/09/game-handhel-gimbot-terpopuler.html
http://malesbanget.com/2014/04/seri-mainan-jaman-dulu-game-watch/
http://www.merdeka.com/teknologi/apa-kabar-gembot-gimbot-atau-game-watch.html
http://tekno.liputan6.com/read/2538178/5-game-watch-legendaris-di-era-90-an

(Febi)