Browse By

#Rumpi : Google

Google adalah sebuah perusahaan sekaligus brand di internet ternama di dunia. Sejak didirikan pada tanggal 04 September 1998 lalu, sampai sekarang, Google tercatat sebagai salah satu perusahaan dengan penghasilan tahunan terbesar di dunia.

Tidak seperti perusahaan-perusahaan lainnya, Google baru membuka Initial Public Offering pertamanya adalah tanggal 19 Agustus 2004, padahal perusahaan ini didirikan pada tanggal 04 September 1998.

Sejarah Google dimulai dari proyek yang dikerjakan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada 1996. Saat itu, kedua mahasiswa pascasarjana di Stanford University itu berkolaborasi mengembangkan mesin pencari bernama BackRub, yang dioperasikan menggunakan server di kampus mereka.

Pada 1997, Larry dan Sergey mengganti nama BackRub menjadi Googol. “Googol” merupakan istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol. Nama ini diambil untuk menjelaskan misi Google sebagai gudang informasi tak terbatas di internet. Akan tetapi, para investor rupanya salah mengeja nama Googol menjadi Google, dan telanjur menuliskannya dalam cek. Hal itu membuat Brin dan Page akhirnya “mentok” menggunakan nama Google untuk mesin pencari mereka.

Page dan Brin menginginkan mesin pencari dengan antarmuka yang ringkas. Karena itu, pencarian melalui Google dibuat sederhana. Pengguna cukup menekan tombol Enter setelah memasukkan kata kunci pencariannya. Hingga kini, tampilan homepage Google yang bersih, hanya menampilkan logo dan kotak pencarian, tetap dipertahankan.

Di bulan Juni 2006, kata Google menjadi kata paling sering digunakan di Word 2002 dan pada bulan Juni 2006, kata Google telah ditambahkan dalam Merriam-Webster dan Oxford English Dictionary (OED).

Awalnya pendiri Google mencoba untuk menjual sistem mesin pencarian, Yahoo pernah mereka coba tawarkan namun ditolak. Ternyata di tahun 2002, Yahoo menawarkan untuk membeli Google dengan harga $ 3 milyar. Kali ini Google menolak dan sekarang sistem mesin pencarian tersebut dihargai $ 400 milyar. Tertarik membelinya?

Tombol “I’m feeling lucky” di Google adalah salah satu tombol besar dan terletak di posisi strategis yang amat sangat jarang digunakan.

(sumber)
(sumber)
(sumber)