Browse By

Sayur Lokal Tak Kalah Saing

Warta Volare Edisi 4 Maret 2015

Pontianak – Sayur yang dihasilkan petani sayur Pontianak dan sekitarnya tidak kalah dengan sayur import dari Pulau Jawa.

Ini diungkapkan langsung Ketua Pedagang Sayur Kota Pontianak, Suryanto, belum lama ini.

Ia berujar, selama ini sayuran hijau umumnya dari petani lokal dan kebanyakan masyarakat menganggap itu asal dari luar.

“Sayuran kita tanam sendiri letaknya di Kecematan Pontianak Utara bukan asal luar. Kalau bicara kualitas tidak kalah saing dengan produk petani luar karena secara kualitas kita cukup baik. Ini bisa dilihat pasokan setiap hari sayur hijau di Pontianak ini cukup stabil,” paparnya.

Dijelaskannya, bicara kualitas dan kuantitas juga bisa dilihat dari penguasaan sayur lokal akan pasar-pasar tradisional hingga modern.

“Kita menguasai pasar di sini, bukan dari luar,” ujarnya. Sawi, Bayam, Kangkung, Kecambah, Daun bawang dan sejumlah komoditi sayur hijau kita tanam,” ujarnya.

Untuk persaingan, diakui pemilik nama panggilan bang Iyan ini, petani lokal hanya kalah dengan produk seperti Kentang, Bawang merah, Wortel, Cabai, Brokoli yang didatangkan langsung dari pulau Jawa.

“Kita akui itu karena kontur tanahnya berbeda dengan kontur untuk tanaman sayur jenis itu. Kita pernah menanam Wortel tapi kurang bagus hasilnya,” ungkapnya. (sis)