Browse By

Semua Pihak Harus Persiapkan Diri Hadapi Tahun Anggaran 2011

Warta 3 – 6 Desember 2010

Fraksi PDIP meminta perhatian serius dari pemerintah kota Pontianak berkaitan disahkannya perda pajak dan retribusi daerah. Sehingga diperlukan aksi nyata dari Dinas Pendapatan Daerah Kota Pontianak dalam pelimpahan pajak daerah. Pajak tersebut akan diserahkan secara total kepada daerah tahun 2013.

Walikota Pontianak, Sutarmidji, menjelaskan dengan disahkannya perda pajak dan retribusi daerah merupakan sebagai tindak lanjut dari undang-undang nomor 28 tahun 2009. Pemerintah Kota Pontianak mengharapkan peningkatan kemampuan dan kemandirian daerah untuk membiayai kebutuhan daerah melalui peningkatan pendapatan daerah dari sektor pajak. Walikota meminta semua pihak untuk ikut mempersiapkan diri untuk menghadapi tahun anggaran 2011.

Lebih lanjut Sutarmiji menjelaskan Dispenda harus lebih berkonsentrasi dalam meningkatkan kinerjanya. Pada tahun anggaran 2011 target pajak daerah akan meningkat sebesar 60,10 persen dibandingkan target tahun 2010. Ini berarti meningkat dari sekitar 54 miliar menjadi sekitar 90 miliar.