Browse By

Sindo Weekly Government Award 2015 Pontianak Raih Penghargaan Infrastruktur Terbaik

Warta Volare Edisi 23 Maret 2015

Pontianak – Kota Pontianak kembali mengukir prestasi di tingkat nasional dengan diraihnya penghargaan sebagai daerah terbaik kategori infrastruktur pada malam anugerah Sindo Weekly Government Award 2015, Kamis (19/3) di Grand Ballroom Hotel Sultan Jakarta. Penganugerahan ini digelar dalam rangka hari ulang tahun Majalah Sindo Weekly ketiga yang merupakan media dari MNC Group.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman kepada Wali Kota Pontianak, Sutarmidji beserta kepala daerah lainnya dengan masing-masing kategori. Sebanyak 38 daerah terbaik yang menerima penghargaan dengan 17 kategori penghargaan untuk kabupaten/kota yakni pendidikan, kesehatan, infrastruktur, ekonomi kreatif, peduli lingkungan, investasi, layanan publik, pariwisata, perempuan dan anak, tata kelola pemerintahan, keamanan dan toleransi, kreativitas peningkatan PAD, pemuda dan olahraga, ketahanan pangan, pertumbuhan ekonomi, UMKM dan koperasi, dan heritage.

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji mengatakan, penghargaan yang diraih ini sebagai keberhasilan Kota Pontianak atas inovasi yang dilakukan untuk mengatasi perbaikan jalan lingkungan dengan bantuan material serta melibatkan masyarakat dalam melaksanakan pembangunan jalan gang.

“Program ini selain mengurangi beban pembiayaan dari pemerintah, juga dapat memperbesar peran serta masyarakat dalam pembangunan, perbaikan serta pengelolaan jalan lingkungan,” ujarnya.

Tujuan dari program ini, lanjutnya, adalah memberdayakan masyarakat yang berbasis komunitas RT dan RW, meningkatkan keindahan lingkungan serta mengatasi masalah prasarana dasar berupa jalan lingkungan yang dikelola secara demokratis dan transparan. “Bantuan material stimulan berupa semen untuk perbaikan jalan lingkungan,” kata Sutarmidji.

Konsep yang diterapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak yakni melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat. Dalam prosesnya ditekankan pada aspek partisipasi dan kemandirian sehingga tercapai pembangunan berkelanjutan dengan fisik lingkungan yang rapi dan keindahan kota dapat terwujud selain eksesibilitas jalan semakin meningkat.

“Dampak yang diperoleh dari program ini di samping dimilikinya jalan lingkungan yang representatif serta berkurangnya kekumuhan lingkungan, dampak lainnya yang bernilai jangka panjang adalah semakin kuatnya nilai gotong royong masyarakat,” jelasnya.

Sutarmidji berharap, penghargaan yang diperoleh ini bisa menjadi cambuk bagi semua jajaran Pemkot untuk berbenah dalam membangun Kota Pontianak.

“Kita akan terus berbenah dan akan terus berbenah supaya Pontianak semakin nyaman, semakin menjadi kota yang maju, modern, tertata rapi, tertib dan sehat,” tuturnya.

CEO MNC Group, Hary Tanoesodibjo mengatakan, penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi pembangunan daerah sebagai ujung tombak pembangunan nasional. “Di samping sebagai bentuk apresiasi kepada daerah-daerah berprestasi, diharapkan ini juga sebagai inspirasi bagi kepala-kepala daerah yang lain,” ujarnya. (sis)