SMAN 1 dan Kantor Terpadu Ditargetkan Tahun ini Tuntas

Warta Volare Edisi 16 Maret 2015

Pontianak  – Beberapa pembangunan di Kota Pontianak yang tengah dikerjakan saat ini dinilai Wali Kota Pontianak, Sutarmidji, progresnya sudah melebihi dari yang seharusnya. Ia menyebutkan pembangunan tersebut yakni SMAN 1, Kantor Terpadu eks Kantor Camat Pontianak Selatan, kolam renang serta Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak.

“Pembangunan SMAN 1 ini sudah mencapai 70 persen. Jadi perkiraan saya sekolah SMAN 1 untuk gedung teater dan lapangan olahraga baru ditender tahun ini, 23 Oktober 2015 ditargetkan selesai. Nah, kita masih mau upayakan kantor terpadu bisa selesai tahun ini juga walaupun sebenarnya kantor terpadu harus selesai tahun depan,” ujarnya saat meninjau pelaksanaan pembangunan Gedung SMAN 1 yang terletak di Jalan Johan Idrus, Senin (16/3).

Kantor Terpadu yang dibangun di atas lahan eks Kantor Camat Pontianak Selatan rencananya akan ditempati Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), Kantor Camat Pontianak Selatan serta beberapa kantor pelayanan lainnya. Dikatakan Sutarmidji, penempatan kantor-kantor pelayanan di kantor terpadu eks Kantor Camat Pontianak Selatan itu untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan sehingga tidak perlu repot karena di Jalan Sutoyo juga terdapat Kantor Terpadu yang memberikan pelayanan perizinan maupun kependudukan.

“Jadi tujuannya supaya dalam pelayanan itu masyarakat tidak perlu repot ke mana-mana cukup di Kantor Terpadu eks. Kantor Camat Pontianak Selatan dan di Kantor Terpadu Jalan Sutoyo depan Kantor Perpustakaan Daerah,” tuturnya.

Ia berharap dengan pembangunan kantor terpadu yang memberikan pelayanan itu akan semakin mempermudah dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat. Demikian juga dengan ditempatkannya Dispenda di kantor terpadu itu diharapkan bisa semakin memberikan kenyamanan dalam pelayanan.

“Kantor Dispenda nantinya akan digunakan untuk Kantor Inspektorat. Sedangkan eks Kantor Inspektorat akan ditempati Kantor Lurah Parit Tokaya,” terang Sutarmidji.

Terkait kualitas dari pembangunan gedung-gedung tersebut, ia menyatakan pembangunan itu dinilai baik karena pelaksana atau perusahaan yang mengerjakan proyek itu berkualifikasi bagus.

“Kita tidak perlu repot mengawasi karena bangunan itu dikerjakan sesuai dengan yang seharusnya,” imbuhnya.

Termasuk pembangunan kolam renang yang berlokasi di Jalan Ujung Pandang (Ampera), progresnya dinilai sudah bagus. Beberapa bagian seperti tribun sebagian strukturnya sudah dicor. Demikian pula landasan atau dasar kolam sudah selesai dan struktur kolam renang sudah hampir selesai.  Sementara kolam dangkal atau kolam anak pondasinya juga sudah dikerjakan.

“Untuk rumah sakit sudah pada pembangunan lantai dua dan tak lama lagi di lantai tiga. Jadi progres pembangunan bangunan-bangunan tersebut sudah melebihi dari progres yang seharusnya,” jelas Wali Kota.

Menurutnya, secara keseluruhan pembangunan gedung-gedung maupun kolam renang sudah mencapai 95 persen tuntas. Hanya tersisa beberapa bangunan kantor yang masih perlu perbaikan atau renovasi.

“Secara keseluruhan sudah tuntas, kita hanya tinggal memperhatikan beberapa kantor-kantor lurah seperti Kantor Lurah Darat Sekip itu kan tidak layak, kita sedang cari lahan,” pungkasnya. (sis)