Browse By

Sopir Tronton Tak Jera Dirazia

Warta Volare – 24 April 2013

Meskipun belasan kali Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Pontianak menggelar serangkaian razia terhadap kendaraan di Jalan Komyos Sudarso persisnya di depan pelabuhan Pontianak, tapi faktanya banyak sopir truk besar dan tronton tidak jera. Padahal, beberapa hari sebelumnya, Dishub sudah menggelar razia di Jalan Kom Yos Soedarso tersebut. 

Terlihat, di lokasi yang sama, hari ini banyak sopir memarkir truk dan tronton sembarangan. 

Ini yang disesali anggota DPRD Kota Pontianak Sugiri Aswat. Ia pun menganggap penertiban yang dilakukan tidak efektif dan terlalu longgar sanksinya. 

Usulan yang diajukan Sugiri tidak terlalu berlebihan, mengingat cukup besar dana yang dialokasikan untuk mengadakan mobil derek tersebut. 

“Sarana kita sudah ada, kalau sudah diperingatkan tetapi masih bandel parkir di sana, berarti memang disengaja. Langsung saja derek. Kalau perlu simpan di Terminal Agrobisnis di Siantan,” berangnya.

Dikatakan Sugiri, kendaraan berukur besar yang parkir siang-malam di tepi jalan utama, tentu bisa membahayakan bagi pengguna jalan lainnya. Selain itu, jalan yang dipergunakan untuk parkir pun akan semakin cepat rusak.

“Belum lagi kendaraan yang parkir di Gajahmada, parkirnya sampai ke tengah badan jalan,” ujarnya.

Sebelumnya Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Pontianak menggelar penertiban kendaraan yang parkir sembarangan di sepanjang jalan Komodor Yos Sudarso persisnya depan pelabuhan Indonesia II Cabang Pontianak, Senin (15/4).

Sejumlah ban truk dan kontainer yang terparkir di tepi jalan itu dikempeskan petugas. Paling tidak cara itu, bisa memberikan peringatan bagi mereka supaya tidak parkir di sembarangan tempat. (ss)