Browse By

Sutarmidji Ajak Bangun Integritas Anak Sejak Dini

Pontianak – Walikota Pontianak, Sutarmidji meminta para pengasuh Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), meskipun anak didik tidak diperkenalkan lebih banyak dengan tulis-menulis maupun hitungan, hendaknya mereka sejak dini diarahkan pada pembentukan karakter dasar anak.

“Yang paling penting, anak dibangun integritasnya dengan baik. Sebab kepemimpinan ke depan, integritas itu menjadi faktor penting dalam menentukan kepemimpinan. Masyarakat pasti memilih dan melihat pemimpinan yang berintegritas,” ujarnya saat membuka Pentas Seni dan Gebyar PAUD yang digelar di Asrama Haji Pontianak, Selasa (1/11).

Menurutnya, PAUD terus menjadi perhatian pemerintah, baik di pusat maupun daerah, sebab PAUD merupakan wadah pembentukan karakter anak sebagai penerus estafet kepemimpinan di negara sehingga perlu dibentuk sejak dini. Anak didik harus dipersiapkan dengan baik sebagai generasi pemimpin ke depan. Ia menilai, perlu ada inovasi-inovasi agar capaian-capaian yang diinginkan dalam PAUD itu bisa terimplementasi dengan baik dan bisa betul-betul membentuk karakter dasar anak dalam mempersiapkan kepemimpinan ke depan.

“Saya minta kepada Dinas Pendidikan, ketika ada pembinaan-pembinaan tutor PAUD, hendaknya ada satu inovasi yang murni dari Kota Pontianak, bagaimana seorang pengasuh PAUD memberikan pendidikan kepada anak-anak PAUD yang bisa menjadi contoh daerah-daerah lainnya” katanya.

Ketua Bunda PAUD Kota Pontianak, Lismaryani Sutarmidji menyebut, Kota Pontianak patut berbangga karena berhasil menuntaskan program Satu Desa Satu PAUD. Saat ini, jumlah PAUD di Kota Pontianak sebanyak 293, baik yang diselenggarakan TP PKK maupun oleh masyarakat secara mandiri. Jumlah tersebut terdiri dari Taman Kanak-kanak, Kelompok Bermain, Satuan PAUD sejenis dan Taman Penitipan Anak.

“Dengan melihat jumlah PAUD yang begitu banyak menunjukkan betapa besar peran serta masyarakat dalam membantu pemerintah di sektor pendidikan terutama PAUD,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Lismaryani juga mengukuhkan Bunda PAUD tingkat kecamatan. Selaku Bunda PAUD Kota Pontianak, ia berkomitmen dalam memajukan dan meningkatkan kualitas PAUD di Kota Pontianak.

“Saya berharap setelah dikukuhkannya Bunda PAUD di tingkat kecamatan, maka Bunda PAUD harus menjadi teladan dan mendorong bagi kemajuan PAUD serta segera mengukuhkan Bunda PAUD di kelurahan masing-masing,” pungkasnya.

Pentas Seni dan Gebyar PAUD Kota Pontianak digelar mulai tanggal 1 – 3 November 2016. Berbagai acara mengisi Gebyar PAUD yang bertempat di Asrama Haji, mulai dari pentas seni yang ditampilkan oleh anak-anak siswa PAUD, stand-stand PAUD dan lainnya. (Wati Susilawati)