Sutarmidji Target Pelayanan Izin di Pontianak Tercepat se-Indonesia

Pontianak – Walikota Pontianak Sutarmidji menargetkan pemerintah kota ini dapat memberikan pelayanan perizinan tercepat se-Indonesia.

“Saya sudah minta Badan Pelayanan Perizinan Terpadu agar bisa memacu lebih cepat lagi dalam memberikan pelayanan seluruh perizinan,” kata Sutarmidji, di Pontianak, Rabu.

Dia bertekad mewujudkan pelayanan perizinan tercepat di Pontianak. “Kota Pontianak akan menjadi ikon sebagai kota dengan pelayanan perizinan tercepat seluruh Indonesia,” katanya pula.

Menurut dia, kreativitas atau inovasi dalam memberikan pelayanan yang terbaik pada masyarakat perlu dilaksanakan.

Dia mengaku sudah pernah bertanya kepada Kepala BP2T Kota Pontianak Junaidi yang menyebutkan bahwa pelayanan perizinan di Kota Surabaya, Jawa Timur sudah online namun belum secara keseluruhan.

“Tapi di Pontianak, seluruh perizinan sudah dilayani secara online,” katanya pula.

Sutarmidji menambahkan, sebagai kota jasa dan perdagangan, Pontianak tidak hanya menonjolkan objek wisata sebagai tujuan orang berwisata ke kota ini.

Menurutnya, tata kelola pemerintahan dan inovasi-inovasi yang dilakukan Pemkot Pontianak juga merupakan bagian salah satu objek dan daya tarik bagi daerah-daerah lainnya untuk berkunjung ke Pontianak.

“Mereka akan sering datang ke Pontianak untuk melihat bagaimana tata kelola pemerintahan di sini yang sudah dinilai baik,” katanya lagi.

Upaya untuk semakin meningkatkan pelayanan publik khususnya perizinan, ia meminta kepada BP2T Kota Pontianak terus mempercepat urusan perizinan dengan waktu sesingkat-singkatnya. (Wati Susilawati)