Browse By

Taman Baca Akcaya Diserbu Pengunjung

Pontianak – Beroperasinya taman bacaan di taman Akcaya Kecamatan Pontianak Kota menjadi alternatif lain dari para pengunjung di kawasan taman. Bahkan hari pertama dibuka, taman baca Akcaya ini diserbu pengunjung, terutama kalangan anak-anak dan remaja, maupun ibu-ibu yang sekedar ikut serta menemani anak-anak mereka.

Seperti diungkapkan Rohmah (37) warga Jalan Enggano yang sengaja datang ke taman baca Akcaya dikarenakan anaknya ingin ke sana. Ia pun tertarik dan membawa anak perempuannya itu untuk membaca. Menurut Rohma, ia senang karena kebanyakan buku yang ada di tampat tersebut adalah buku pengetahuan, cerita anak yang mendidik maupun buku anak-anak lainnya.

“Banyak yaa di sini ada pendidikan, kesehatan, motivasi dan sosial. Namun, yang saya suka banyak buku cerita anak-anak yang mendidik, dan itu yang menarik hati anak saya pas bacanya,” ujarnya.

Ia pun berharap buku-buku yang ada di taman Akcaya bertambah dan semakin beragam dan mendidik. Tidak hanya bacaan untuk anak saja untuk seusia dirinya pun ada.

“Ada buku motivasi hidup maupun kiat-kiat ekonomi. Wah saya butuh buku bagus seperti ini biar makin tahu perkembangan dan makin pintar mengelola keluarga dan ekonomi rumah tangga,” paparnya.

Hal sama dikatakan Titi (40), warga Jalan Pulau Madura ini merasa terbantu karena adanya teman baca yang tidak jauh dari rumahnya.

“Anak-anak juga suka ke taman Akcaya ini, biasanya mereka lebih memilih main game di rumah tapi sejak adanya taman yang cantik ini dan taman baca anak-anak jadi sering ngajak ke sini, sekalian jajanan pas dekat kalau lapar. Di sini paket komplit, jadi suasana lingkungan pun makin meriah,” katanya.

Sebelumnya, Walikota Pontianak, Sutarmidji menerangkan perpustakaan taman dibuat sebagai bagian dari variabel kebahagiaan. Masyarakat kota akan memiliki banyak variasi kegiatan ketika berada di taman. Hal ini juga dilakukan untuk meningkatkan minat baca di Pontianak.

“Nanti untuk menumbuhkan minat baca, bakal ada reward untuk tempat anak-anak atau orang tua yang gemar baca. Jika dia sudah menghabiskan misalnya 20 buku kita berikan apa, 50 apa dan 100 buku apa. Sehingga dengan begitu semua orang akan gemar membaca,” katanya usai peresmian.

Jika sudah gemar membaca, Sutarmidji yakin orang akan mencari literatur lain. Ke depan, semua taman di Kota Pontianak akan dilengkapi dengan perpustakaan. Termasuk di Taman Nostalgia depan Kantor Wali Kota Pontianak. Hanya saja, bentuknya sedikit berbeda. (Wati Susilawati)

Simak Warta Volare setiap hari Senin-Jum’at pukul 12.00 dan 16.00 di Volare 103.4 FM