Browse By

Tanpa e-KTP, Urusan Administrasi Warga Tidak Akan Dilayani

Pontianak – Demi kelancaran pelayanan administrasi di pemerintahan, Wali Kota Pontianak, Sutarmidji menekankan seluruh warga Kota Pontianak untuk segera melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik (e-KTP). Pasalnya, terhitung setelah tanggal 31 Desember 2015, KTP-KTP format lama tidak berlaku lagi selain e-KTP.

Untuk itu, ia menghimbau seluruh warga Kota Pontianak segera melakukan perekaman e-KTP. Sebab jika masih menggunakan KTP berformat lama, dipastikan pemegang KTP tersebut tidak akan mendapatkan segala layanan administrasi di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak.
“Warga secepatnya segera lakukan perekaman e-KTP supaya bisa segera mengantongi e-KTP itu. Sebab tanpa e-KTP atau masih menggunakan KTP lama, maka yang bersangkutan tidak akan kita layani, mau urus apapun itu tidak akan kita layani,” tegasnya saat ditemui dikediaman dinasnya, Selasa (24/11).

Selain itu, ia juga memberikan tenggat waktu selama satu bulan bagi jajaran Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pontianak untuk sesegera mungkin menyelesaikan e-KTP yang sudah dilakukan perekaman data sebelumnya namun hingga kini e-KTP tersebut belum juga dicetak.

Sutarmidji meminta, pihak Disdukcapil segera lakukan koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri dalam hal ini Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil untuk menuntaskan secepat-cepatnya perekaman e-KTP yang lalu namun hingga saat ini belum juga dicetak. Dirinya yakin pasti ada solusi untuk menyelesaikan masalah itu sepanjang dikoordinasikan dengan pemerintah pusat.

“Saya beri waktu satu bulan untuk menyelesaikan ini pada jajaran Disdukcapil. Kalau tidak ada kepastian juga, saya akan lakukan perombakan besar-besaran pada awal tahun depan di jajaran Disdukcapil lantaran membiarkan orang sudah melakukan perekaman cukup lama tetapi belum mengantongi e-KTP,” ujarnya.

Kepada para lurah dan camat, Sutarmidji meminta mereka untuk gencar selalu mengingatkan warganya segera melakukan perekaman e-KTP bagi yang belum memiliki e-KTP. Saat ini, warga lebih mudah untuk melakukan perekaman data e-KTP sebab perekaman sudah dilakukan di kecamatan-kecamatan.

Untuk itu, ia meminta seluruh warga Kota Pontianak melengkapi dokumen-dokumen kependudukan sehingga ketika berurusan apapun akan lebih mudah karena sudah memiliki kelengkapan dokumen kependudukan.

Menurutnya, tahun depan sebagian besar pelayanan administrasi pemerintahan akan menggunakan sistem berbasis internet melalui surat elektronik atau email. Warga atau pemohon bisa melakukan pengajuan permohonan dari rumah atau di mana saja melalui email. Permohonan tersebut akan ditindaklanjuti oleh lurah untuk kemudian menyiapkan surat yang dimohon. Keesokan harinya, pemohon sudah bisa mengambil surat itu dengan catatan membawa persyaratan lengkap.

“Jadi tidak perlu lama-lama nunggu, datang tinggal ambil suratnya dengan menunjukkan persyaratan,” imbuh Midji. (sis)