Browse By

Tegakkan Aturan Secara Humanis

Pontianak – Walikota Pontianak, Sutarmidji, berharap kepada petugas Satpol PP Kota Pontianak agar menegakkan aturan secara humanis dan tidak bertindak arogan serta mengedepankan tindakan persuasif.

“Kalau terkait penilaian secara formal dan lain sebagainya, kita tidak peduli itu, sebab terkadang penilaian formal itu tidak obyektif. Yang jelas, kami semakin hari membuat masyarakat Kota Pontianak semakin nyaman dan bahagia,” ujarnya.

Namun apabila warga yang melanggar aturan masih membandel, ia menegaskan untuk menjatuhkan sanksi tindak pidana ringan (tipiring) kepada yang bersangkutan.

“Aturan tegas diberlakukan jika peringatkan yang kita berikan tidak digubris,” ujarnya.

Kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), ia juga berpesan supaya beberapa hal yang perlu diperbaiki segera diperbaiki kinerjanya. Sementara terhadap pejabat yang kinerjanya dinilai lamban, ia mengancam akan mengganti pejabat yang bersangkutan.

Sutarmidji meminta jajaran Satpol PP supaya tidak segan mengambil tindakan tegas dengan menjatuhkan sanksi tilang serta mengajukan yang bersangkutan ke pengadilan apabila pedagang yang ditertibkan masih membandel.

“Apabila dipanggil pertama tidak mau hadir, panggilan kedua juga tidak hadir, pada panggilan ketiga minta bantuan kepolisian untuk memanggil paksa yang bersangkutan dan diajukan ke pengadilan,” tegasnya.

Orang nomor satu di Kota Pontianak ini menilai, tindakan tegas perlu diterapkan kepada siapapun yang melanggar aturan sebab masyarakat harus disadarkan dengan kesadaran hukum yang tinggi. Upaya ini sebagai salah satu  bagian dalam menjaga Kota Pontianak tetap kondusif sehingga siapapun yang bermukim di kota ini merasa nyaman.

“Pemerintah Kota Pontianak akan berupaya melakukan penertiban-penertiban terhadap pelanggaran yang menyebabkan ketidaknyamanan bagi warga masyarakat lainnya. Kalau tertib, semua akan merasa nyaman,” ungkapnya. (Wati Susilawati)