Temuan Baru Olahan Durian oleh F-MIPA UNTAN

Warta 3 – 27 Desember 2010

Fakultas MIPA berhasil menemukan temuan baru. Kali ini temuannya berbahan dasar  dari buah durian. Kulit durian berhasil diubah menjadi  gas karbon aktif, biji durian diubah menjadi keripik, dan untuk daging buah durian diubah menjadi dodol durian rasa coklat.

DR. Thamrin Usman, DEA, Dekan Fakultas MIPA, mengatakan dalam hal ini pihaknya telah mengajarkan  kepada masyarakat cara pengolahan serta pemasaran dalam bentuk paket. Ini disambut baik oleh masyarakat setempat yang akan menjadikan produk ini  sebagai produk unggulan mereka yang siap dikomersialisasikan. Ini dilakukan dengan tujuan pengerakan usaha mikro yang tepat sasaran. Tinggal cara pemerintah kabupaten kota maupun provinsi mendorong mereka.

Lebih lanjut Thamrin mengatakan sejauh ini yang diperhatikan hanya pemerintah pusat, melalui  seleksi direktorat jenderal  pendidikan tinggi departemen pendidikan nasional, setelah dianggap layak baru pemerintah pusat menyediakan dana.

Ia berharap pemerintah kabupaten kota maupun provinsi bisa lebih memperhatikan potensi ini, yang bisa dilakukan melalui program pengembangan UKM dan home industry.