Tiga PNS Pemkot Terima Penghargaan dari Wali Kota

Pontianak – Sebanyak tiga orang pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak menerima penghargaan. Penghargaan tersebut diberikan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Korpri ke-44.

Adapun penghargaan yang diberikan terdiri dari penghargaan PNS terbaik tahun 2015 kategori eselon IV yang diterima Kasubbag Bantuan Hukum pada Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Pontianak. Pemberian penghargaan kepada PNS yang berdedikasi tinggi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya diterima Sekretaris Inspektorat Kota Pontianak, Zulfah Wardaniah. Sementara Lurah Darat Sekip, Petrus Friyadi dinobatkan sebagai lurah berkinerja terbaik.

Terkait sedikitnya jumlah PNS yang menerima penghargaan itu, Wali Kota Pontianak, Sutarmidji menyebut, banyak Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang tidak mengirim utusan PNS yang akan dipilih sebagai calon pegawai teladan. Untuk itu, ke depan ia akan mengubah pola pemilihan pegawai teladan, yakni yang mencalonkan pegawai utusan dari SKPD adalah seluruh pegawai yang ada di SKPD bersangkutan.

“Jadi dipolling siapa yang paling banyak diusulkan sebagai calon pegawai teladan, itulah yang nantinya akan dikirim ke kita. Kemudian baru diseleksi. Kalau hanya subyektif dari pimpinan saja, hal itu bisa tidak obyektif. Saya tidak mau pemilihan pegawai teladan tetapi tidak bisa dipertanggungjawabkan,” ujarnya usai upacara peringatan HUT Korpri ke-44 di halaman Kantor Wali Kota.

Sutarmidji memberikan apresiasi yang tinggi pada jajaran Pemkot Pontianak atas pengabdiannya sesuai yang diharapkan pemerintah. Bahkan dedikasi itu dinilainya melebihi dari apa yang ingin dicapai oleh pemerintah pusat. “Buktinya dengan jumlah pegawai yang terbatas tetapi menghasilkan kinerja yang jauh dari perkiraan awal,” ungkapnya. (sis)