Browse By

#howtosayit : GET OFF EASY

Bujang Dare, kita akan membahas cara pengucapan dan penggunaan sebuah idiom yang sering native speaker Bahasa Inggris gunakan sehari-hari. Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya.

Idiom yang akan kita bahas hari ini adalah ‘GET OFF EASY’. Idiom ini terdiri dari 3 kata utama yaitu kata ‘GET’, ‘OFF’, dan ‘EASY’. Kata GET yang ejaannya G-E-T artinya adalah “Mengambil / Mendapatkan”. Kata OFF yang ejaannya O-F-F artinya adalah “Putus”. Sedangkan kata EASY yang ejaannya E-A-S-Y artinya adalah “Mudah / Gampang”. Ketika menjadi sebuah idiom, maka “GET OFF EASY” artinya adalah “Terhindar dari kesukaran / terhindar dari sesuatu yang buruk”. Idiom ini bersinonim dengan idiom “GET OFF LIGHTLY” yang mempunyai arti yang sama.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini contohnya:

1.    According to the weather forecast, this year some parts of the United States will get off easy with little snow in winter. That’s good news for city-dwellers but not for skiers.
(Menurut prakiraan cuaca, beberapa negara-bagian di Amerika pada musim tahun ini tidak akan kepayahan karena hujan saljunya tidak seberapa. Berita ini menyenangkan bagi orang yang tinggal di kota tetapi tidak untuk para penggemar ski)
2.    It’s not right that someone can get off lightly after committing a major crime.
(Tidak pantas bahwa seseorang bisa ringan hukumannya setelah melakukan kejahatan besar)
3.    Do rich people get off easier when they break the law?
(Apakah orang kaya lolos begitu saja ketika mereka melanggar hokum?)
4.    He just gets off easy from the punishment.
(Dia terhindar begitu saja dari hukuman)