Tingkatkan Minat Baca di Taman Baca Edukatif

Pontianak – Kepala Perspustakaan Daerah Kota Pontianak, Hidayati, mengungkapkan dengan dibukanya perpustakaan di sejumah taman kota, seperti di taman Alun Kapuas, taman Untan dan taman Polnep diharapkan mampu meningkatkan kesadaran dan minat baca masyarakat Pontianak.

“Kita akui minat baca masyarakat kita masih rendah tapi kita yakin dengan tempat baca semakin dekat dengan masyarakat, terutama di akses publik, taman kota, akan mempermudah jangkauannya,” katanya, usia peresmian taman baca di Alun Kapuas, belum lama ini.

Ia mengungkapkan, saat ini pihaknya terus meningkatkan kesadaran minat baca, salah satu program yang dilakukan adalah mendekatkan taman bacaan kepada masyarakat.

“Kan letaknya di taman-taman kota. Jadi kita asumsikan ketika mereka datang ke taman, pastinya mereka akan lihat ada taman bacaan. Mereka akan singgah dan itu bisa menjadi pengalaman tersendiri, itu juga memberikan kesan bagi mereka untuk bisa menghabiskan waktu di taman bacaan sekaligus menikmati suasana taman yang asri,” ujarnya.

Dengan gerakan taman baca di taman-taman kota ini, pengetahuan masyarakat akan taman bacaan tersebut bisa menjadi awal yang baik sebagai informasi. Jika kebijakan pemerintah ini berhasil diterapkan, tidak menutup kemungkinan pemerintah akan semakin banyak membangun ruang-ruang publik yang edukatif.

“Taman yang ada tempat bacanya itu merupakan ruang publik yang edukatif. Metode ini kerap dilakukan di negara-negara maju. Hasilnya pun menggembirakan, minat membaca mereka meningkat pesat dan ini yang ingin kita harapkan terjadi di Kota Pontianak,” paparnya.

Sementara sejumlah pengunjung Taman Alun Kapuas kagum dengan bangunan taman baca yang minimalis dan modern tersebut.

“Kita kaget bangunanya besar dan buku-bukunya pun cukup banyak. Apalagi, seperti rumah panggung, sehingga kita bisa membaca, pas pemandangannya pun sungai Kapuas, asri dan kita pun nyaman untuk membaca buku,” terang dia. (Wati Susilawati)

Simak Warta Volare setiap hari Senin – Jum’at pukul 12.00 dan 16.00 di Volare 103.4 FM