Fotis Mini (20 – 27 Agustus 2016)

tdcc

Trio asal County Down, Irlandia Utara ini dibentuk oleh Alex Trimble (vokal, gitar dan synthesizer), Sam Halliday (gitar, vokal latar) dan Kevin Baird (bass, synthesizer, vokal latar) pada 2007. Teman sepermainan di sekolah yang sama, Bangor Grammar School. Two Door Cinema Club telah merilis Tourist History (2010), Beacon (2012), dan terbaru Gameshow (2016), EP Four Words to Stand On (2009) dan EP Changing of the Season (2013). Sama-sama senang menonton, mereka menjadikan nama bioskop lokal, Tudor Cinema, sebagai nama band dengan penyebutan Two Door Cinema Club.

Debut pertama mereka bersama label asal Perancis, Kitsune. Bekerja sama dengan produser Elliot James di London dan mixing oleh Phillipe Zdar di Paris. Phillipe Zdar, produser album Wolfgang Amadeus Phoenix (2009) oleh Phoenix. Tahukah Bujang Dare, Phillipe perlu beberapa hari untuk bisa memahami bahasa dari Two Door Cinema Club yang kental dengan aksen Irlandia Utara. Tourist History, menjadi album debut yang paling dinanti di 2010 oleh majalah NME dan sukses memenangkan Choice Music Prize di 2011. Ini adalah penghargaan pertama dan mereka memilih untuk menyumbangkan hadiah sebesar €10.000 untuk amal.

Sebelum Two Door Cinema Club, mereka pernah membentuk band, Life without Rory, saat berusia 16 tahun. Band tersebut dibentuk untuk mengikuti ATL Rock School, program yang disiarkan televisi lokal untuk ajang unjuk gigi band-band baru di Irlandia Utara. Tidak berhasil menang memang, mereka berada di posisi paling akhir. Sempat membuat tiga lagu demo sebelum akhirnya bubar, tiga lagu tersebut adalah Safe in Silence, Conscripted by Choice dan You Missed the Point.

Dijadwalkan sebagai artis utama di Festival Latitude 2014 bersama Damon Albarn dan The Black Keys. Sayang kondisi kesehatan Alex terganggu dan mereka harus membatalkan untuk tampil. Posisi mereka sebagai artis utama digantikan Lily Allen. Sejak saat itu, mereka memutuskan rehat dan sempat diberitakan bubar. Selama 18 bulan, mereka tinggal berjauhan, Kevin di Los Angeles, Sam di London dan Alex di Portlandia. Tahu apa yang mereka kerjakan selama itu? Sam menekuni dunia kuliner sedangkan Alex menjadi fotografer bahkan mengadakan eksibisi foto “Mustang Margaritas”.

Tiba-tiba muncul sebagai cover band dengan nama Tudor Cinema Club pada April 2016. Mengadakan tiga kali pertunjukan di Irlandia dan ini adalah penampilan pertama mereka setelah vakum selama 2 tahun. Kejutan dari Two Door Cinema Club tidak sampai itu saja, mereka merilis album ketiga, Gameshow pada 14 Oktober 2016. Diproduseri Jacknife Lee dan menjadikan Prince, David Bowie, Miguel dan Kanye West sebagai influence mereka. Are We Ready? (Wreck) dirilis sebagai single pertama.

Discograhy

Studio Album

touristhistory
Tourist History (2010)

beacon
Beacon (2012)

gameshow
Gameshow (2016)

(Febi)