Browse By

Ujian Nasional SMP Diwarnai Beredarnya Kunci Jawaban Palsu

Warta Volare – 25 April 2013

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak, Mulyadi menyatakan, pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/sederajat di Kota Pontianak diwarnai dengan beredarnya kunci jawaban palsu, tetapi tidak sampai mengganggu konsentrasi peserta UN.

Mulyadi mengungkapkan jauh hari sebelum pelaksanaan UN SMP/sederajat kunci jawaban palsu tersebut sudah beredar sehingga Dinas Pendidikan cepat menanggulanginya dengan mengimbau kepada peserta UN agar tidak mudah terpengaruh oleh kunci jawaban UN palsu tersebut.

Dinas Pendidikan juga memberikan surat himbauan kepada sekolah penyelenggara UN agar selalu memperingatkan kepada peserta UN agar tidak mudah terpengaruh kalau menemukan kunci jawaban, baik melalui pesan singkat melalui telepon genggam ataupun media lainnya.

Dia sangat menyesalkan terkait tipisnya lembar jawaban soal UN tersebut, sehingga peserta UN harus berhati-hati ketika akan membetulkan jawaban yang dinilai salah. Namun ia tetap bersykur karena pelaksanaan UN SMP/ sederajat sudah terlaksana dengan baik. 

Mulyadi menambahkan ada beberapa siswa yang tidak bisa mengikuti ujian, tapi sekarang ini mereka sudah melakukan ujian susulan. Ia berharap lulusan SMP tahun ini bisa mencapai 100 persen. (Lnd)