Browse By

Ustadz Alias

image1Bujang Dare sering dengerin Volare Pagi? Pasti tau dong sama tamu yang selalu hadir di Jum’at pagi ini. Ya! Pak Ustadz Alias! Yuk, kenal lebih dekat dengan Ustadz Alias!

Ustadz dengan nama lengkap H. Alias, S.Ag, S.Pd, M.Si ini lahir dan besar di Pontianak dan bertempat tinggal di Sungai Durian, Supadio. Menurut Ustadz Alias, butuh waktu kurang lebih 20 menit untuk beliau menuju ke studio Radio Volare dari rumahnya, untuk memberikan pandangannya mengenai isu-isu terhangat setiap hari Jum’at pagi.

Ustadz yang juga memiliki kesibukan sebagai dosen Pendidikan Agama Islam di Universitas Muhammadiyah Pontianak ini mengaku lebih suka berpenampilan santai seperti memakai kaos, celana jeans dan tidak menggunakan peci. Sampai ada suatu cerita menarik ketika beliau diundang berdakwah ke daerah Batu Ampar, beliau tidak disangka sebagai Ustadz yang akan memberikan dakwah karena penampilannya yang begitu santai, melainkan teman beliau yang bertugas sebagai Qori’ lah yang disangka sebagai ustad. Beliau juga bercerita, ketika diundang ke daerah Batu Ampar tersebut, beliau harus mengunjungi 13 mesjid selama 3 hari untuk berdakwah sampai membuat suaranya serak dan harus minum banyak air putih.

Ustadz yang sebenarnya lebih suka dipanggil “Pak” atau “Bang” ini mengaku, dengan berpenampilan santai membuatnya bisa lebih mudah berbaur dan diterima di berbagai kalangan dan setelah melakukan pendekatan, beliau pun bisa memberikan dakwah dengan cara berdialog pada kalangan-kalangan yang ditujunya tersebut. Dan menurut beliau, penampilan bukanlah hal terpenting untuk menjadi seroang ustadz, yang terpenting adalah kemampuan yang dimiliki untuk bisa menyampaikan dakwah kepada masyarakat.

Saat pertama kali mengisi acara di Khazanah Islam tahun 2004 lalu, Ustadz Alias mengaku sempat merasa grogi karena menurutnya cukup sulit untuk memberikan dakwah dengan tidak bertatapan langsung dengan audience. Namun, beliau mengaku lebih suka berdakwah dengan cara berdialog daripada berceramah. Menurutnya , berdialog dengan canda dan gurau dinilai lebih efektif untuk menyampaikan dakwah daripada berceramah sendiri yang terkesan terlalu monoton.

Ustadz Alias seru ya, Bujang Dare! Jangan lupa dengerin beliau setiap Jum’at di Volare Pagi dari pukul 07.30 sampai 10.00 pagi ya, Bujang Dare! ^^