Browse By

Usut Tuntas Penyebab Kebakaran SMPN 13

Warta Volare Edisi 2 Maret 2015

Pontianak – Terbakarnya SMPN 13 di Kecamatan Pontianak barat harus bisa dijelaskan hingga tuntas oleh pihak kepolisian agar masyarakat bisa mengetahui penyebab pasti kebakaran hebat yang menghanguskan sekolah negeri milik pemerintah tersebut.

Demikian diungkapkan ketua Komisi D DPRD Kota Pontianak, Herman Hoffi Munawar, Senin (2/3).

SMP N 13 terbakar pada Jumat (27/2) lalu. Sekolah yang  dibangun sejak tahun 1981 ini merupakan salah satu sekolah tertua di Kota Pontianak.

Hingga saat ini polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran tersebut dan belum terngkap. Polisi menduga terjadi konsleting listrik.

“Kita ingin tahu secara jelas dan gamblang apa penyebabnya. Kebanyakan kasus kebakaran di Kota Pontianak tidak pernah tuntas dan cenderung tidak berkembang. Kita tidak tahu penyebab pastinya hanya menduga-duga bisa saja itu disengaja. Belum terungkap pastinya, makanya abu-abu penyebab kebakaran hebat itu,” ungkapnya.

Untuk itu, ia meminta kepolisian segera menuntaskan penyebab utama kebakaran hebat ini, karena garis polisi masih menyegel sekolah tersebut.

“Kita meminta segera tuntaskan dan umumkan kepada publik apa penyebabnya. Jangan setengah-setengah atau tidak ada kabar apa penyebab utama kebakaran yang terjadi subuh hari itu,” paparnya.

Disinggung pasca kebakaran tersebut, Komisi D DPRD Kota Pontianak dalam waktu dekat ini akan memanggil Dinas Pendidikan Kota Pontianak untuk mendengar sejauh mana progres pasca kebakaran hebat itu.

Pemkot pun cepat tanggap dengan menampung sementara para siswa ini ke SMPN 16. Walikota Pontianak, Sutarmidji pun berjanji akan segera membangun sekolah yang baru dengan anggaran bertahap.

“Kita nanti meminta keputusan DPRD terkait soal ini,” ucapnya. (sis)