Wakil Walikota Pontianak Ajak Masyakat Jaga Kondusifitas

Pontianak – Wakil Walikota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, mengungkapkan kerukunan umat beragama di Kota Pontianak, selama ini sudah berjalan cukup baik. Namun, perlu terus dijaga terus. “Karena melalui Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) secara rutin selalu berkomunikasi untuk tetap berkoordinasi guna menciptakan keadaan yang kondusif, sehingga masyarakat tidak perlu terpancing oleh kasus di Tanjung Balai, Sumatera Utara,” kata Edi Rusdi Kamtono, kemarin.

Ia pun mengajak, apapun permasalahannya yang terjadi di masyarakat sebaiknya diselesaikan dengan cara musyawarah dan kekeluargaan, dan tidak main hakim sendiri, sehingga tidak memicu pertikaian atau konflik yang meluas. “Kami mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat yang ada di Kota Pontianak dan Kalbar umumnya, agar tidak mudah terpancing oleh isu-isu apapun yang bisa membuat keamanan dan ketertiban di masyarakat terganggu,” ujar Edi.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes (Pol) Suhadi SW juga mengimbau kepada semua elemen masyarakat di Provinsi Kalimantan Barat, agar tidak mudah terpancing dengan kasus di Tanjung Balai, Sumatera Utara. “Kami sudah memerintahkan kepada semua Kapolres agar menginventarisir semua Vihara yang ada di wilayah hukumnya dan dilakukan penjagaan guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Selain itu, menurut dia, seluruh Bhabinkamtibmas datang ke rumah-rumah warga dalam melakukan imbauan agar tidak mudah terpancing dengan apa yang terjadi di Tanjung Balai. “Kemudian kami juga sudah mendatangi para tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk ikut mengingatkan umatnya agar tidak mudah terpancing dengan peristiwa yang terjadi di Sumatera Utara,” ungkapnya.

Suhadi juga kembali mengajak semua elemen masyarakat di Kalbar agar tetap menjalin silaturahim antara umat beragama yang selama ini sudah berjalan dengan baik. (wti)