Browse By

Walikota Dianugerahi Sebagai Tokoh Baca

Pontianak – Walikota Pontianak, Sutarmidji, dianugerahi sebagai salah satu Tokoh Baca Kalbar dalam Malam Penganugerahan Duta Baca, Relawan Baca dan Tokoh Baca Kalimantan Barat (Kalbar) 2016 di Hotel Transera Pontianak, belum lama ini.

Selain Sutarmidji, dua tokoh baca lainnya yang menerima penghargaan serupa adalah Syafaruddin Usman dan Baskoro Efendy.

Bagi Walikota yang telah menjabat selama dua periode ini, membaca sudah mendarah daging dalam dirinya.

Menurutnya, bila kebiasaan itu sudah menyatu dalam diri seseorang, maka orang tersebut akan memiliki kreatifitas dan inovasi yang tinggi.

“Duta baca juga harus berwawasan luas, sehingga bisa mengajak semua orang untuk membaca dengan benar dan menggunakan alasan-alasan yang rasional,” ujarnya.

Kebiasan membaca akhirnya melekat hingga sekarang. Menjabat sebagai wali kota dengan agenda yang luar biasa padatnya, tak membuat waktunya terbatas untuk membaca. Dalam satu hari, selalu disiapkan waktu untuk baca koran atau baca yang lain, paling kurang satu jam.

Bahkan tiap pagi dirinya tidak akan turun bekerja jika belum membaca koran.

“Misalnya ada masalah pengiriman koran datang terlambat atau hal lain, saya perintahkan ajudan untuk beli koran dulu. Begitu pula ketika tugas luar kota, pagi-pagi pasti saya turun dari hotel cari koran. Jadi itu sudah menjadi kebiasaan dan rutin dilakukan,” pungkasnya. (Wati Susilawati)