Walikota Minta Dekranasda Harus Inovatif dan Kreatif

Pontianak – Susunan kepengurusan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Pontianak masa bhakti 2013-2018 dikukuhkan oleh Walikota Pontianak, Sutarmidji di Hotel Grand Kartika, Kamis (8/12) malam.
Dalam kesempatan itu, Sutarmidji meminta jajaran Dekranasda yang baru dilantik untuk terus melakukan inovasi-inovasi serta kreatif demi kemajuan kerajinan di Kota Pontianak.

“Saya berharap Dekranasda mampu membawa kerajinan di Kota Pontianak bersaing dengan produk kerajinan dari daerah lainnya,” ucapnya.

Ia menilai, potensi daya saing yang dimiliki Kota Pontianak cukup tinggi. Hal ini dibuktikan dengan sejumlah penghargaan, mulai tingkat nasional hingga internasional berhasil diraih Kota Pontianak. Dalam membuat sebuah program, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana sebuah kota bisa memiliki daya saing yang unggul.

“Bahkan Pontianak dinobatkan sebagai kota inovasi terbaik di Indonesia dengan jumlah seratus lebih inovasi,” sebut Midji.

Tahun depan, lanjutnya, akan dibangun sebuah gedung khusus untuk pengembangan UMKM di Kota Pontianak. Diperkirakan, bertepatan Hari Jadi Kota Pontianak tahun 2017 mendatang, gedung itu selesai dibangun dan siap ditempati.

“Di sana mereka bisa berdiskusi, memamerkan produk-produknya dan kegiatan lainnya untuk mendorong peningkatan UMKM,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Dekranasda Kota Pontianak, Lismaryani Sutarmidji menuturkan, dengan dikukuhkannya kepengurusan Dekranasda ini diharapkan bisa membantu pemerintah dalam mengembangkan program UMKM. “Jadi produk-produk yang dihasilkan ini bisa mengembangkan usaha para pengrajin dengan mempromosikannya,” kata Lismaryani.

Dia menambahkan, selain produk-produk makanan dan kerajinan, Dekranasda juga akan mengembangkan desain kain khas Kota Pontianak seperti corak insang. (Wati Susilawati)