Browse By

Warga Keluhkan Sulit Cari TPS

Warta Volare Edisi 13 Februari 2015

Pontianak – Sejumlah warga mengeluhkan sulitnya membuang sampah di kawasan Jalan Bersama/Sawo, Kelurahan Sungai Jawi Dalam, Kecamatan Pontianak Barat karena ketidaktersediaan tempat pembuangan sampah (TPS).

Warga pun terpaksa harus berjalan jauh untuk membuang sampah.

Ini diungkapkan Rusmala (32) warga setempat yang menganggap sudah seharusnya kawasan tempat tinggalnya memiliki TPS sehingga warga pun tidak membuang di pinggir-pinggir jalan.

“Katanya sudah pernah mengajikan tetapi belum ada tanggapan. Di sini kan padat, harusnya punya TPS. Selain dekat dengan pemukiman warga juga warga pun tidak membuang sampah sembarangan, terutama membuang sampah di dalam gang dan pingir jalan,” katanya, Jumat (13/2).

Diakuinya, terkadang ada warga di gang lain yang membuang sampah sembarangan. Ini dilakukan karena sebagian warga malas membuang sampah di TPS yang cukup jauh dari tempat tinggalnya.

“Kita kan tinggal di Jalan Bersama, sementara yang ada harus berjalan jauh. Kalau ada motor yaa enak, tapi bagaimana yang tidak punya kendaraan, kan repot. Kita minta saja ada TPS dekat sini jadi kita enak buang sampahnya karena kalau dibiarkan,” ujar dia.

Sementara Wakil Walikota Pontianak, Edi Kamtono, dikesempatan berbeda akan mendata titik-titik yang jauh dari TPS.

“Dinas Kebersihan akan mendata titik -titik mana yang belum ada TPS karena kita akui banyak warga yang kerap membuang sampah sembarangan. Ini mungkin salah satu penyebabnya. Maka akan kita kaji lebih lanjut soal ini,” terangnya.

Pihaknya pun kerap mensosialisasikan tentang pemilahan sampah. Sampah organik dan sampah an organik untuk mempermudah kerja Dinas Kebersihan dalam pengolahan sampahnya.

“Kita masih melakukan itu dengan harapan warga bisa paham akan persoalan sampah ini karena sampah organik bisa diolah menjadi pupuk. Ini tengah kita kembangkan dan masyarakat harus ikut andil untuk menyukseskan program pemerintah ini,” jelasnya. (sis)